27 Januari 2009

Hidup Bukan Pilihan (nasehat)

Kenapa ya... hidup kok bukan pilihan... padahal seringkali kita harus memilih.... pilih ini atau pilih itu.

Maksud inyong (mas kuncung)... itu khan kalo kita ada kesempatan... disuruh memilih. Kalo kita mau memilih... pasti ada kriteria - kriteria tertentu. Nah... yang nggak masuk kriteria gimana? kasihan khan...? Ok dech... sebagai contoh kalo kamu (biasanya cewe’ nich...) dihadapkan pilihan pada si A atau si B (ngerti khan maksud inyong...). Kamu mau pilih mana? Apa kriterianya? yang ganteng, kaya, sholeh, putih atau apa.... pasti yang baik - baik aja. Misalnya pilihan jatuh pada si A. Bagaimana dengan si B...? kasihan khan... memang si B itu tidak ganteng, tidak kaya dan tidak - tidak yang lain. Tetapi apa si B itu bisa memilih untuk dilahirkan sebagai orang kaya... ganteng... tidak. Kalo bisa memilih... aku aja mau donk dilahirin oleh keluarganya pak bakri (misalnya).

Sebenarnya semua hal di dunia ini (weleh...) bersifat tidak abadi (istilahnya apaan ya...), misalnya ganteng... apa kamu yakin kalo punya suami ganteng akan seneng terus... nggak khan? Seneng itu kalo masih bulan madu... setelah lewat satu tahun (biasanya...) kegantengan itu menjadi biasa karena setiap hari melihat. Bukankah sesuatu yang dialami orang secara terus menerus akan menyebabkan rasa yang biasa...? (bahasanya kok jadi formal ya...) baik itu ganteng, cantik, kaya dll. Kadang kita berkhayal... kalo aku jadi orang kaya seperti dia, pasti enak... Bagi yang tidak pernah kaya emang enak (walau sementara), tapi bagi mereka yang sudah lama kaya... rasanya biasa... seperti aku yang miskin ini... (nggak mudheng biarin...).

Kalo emang mau milih... mas kuncung saranin milihnya pake perasaan... bukan pake mata... ngerti maksude? Kalo milih pake mata... seringnya kecewa... percaya dech. Tapi kalo milihnya pake perasaan... banyak suksesnya bro... gimana caranya? Kalo milih jodoh tuh... rasakan... siapa yang memberi rasa nyaman... siapa yang lebih peduli... dll yang penting rasanya nyenengin gitu.... bukan ngeselin...

Waduhh... mau ngomong hidup bukan pilihan kok malah ngomong memilih (siapa yang ngomong... wong mas kuncung nulis kok...). Ada hubungannya sich antara keduanya itu. Memang kadang kita harus memilih... tetapi... memilih itu hanya sebagai sarana... atau jembatan penyeberangan. Kalo kita sudah memilih... hasil pilihan itulah yang menjadi suratan takdir kamu.

Sebenarnya tanpa memilihpun kita akan sesuai dengan takdir kita. Jadi... ketika kita tidak bisa memilih... jalanin aja... yang penting... setelah didapat... kamu harus syukuri... apapun itu. Jika ada sesuatu yang kurang berkenan... itu merupakan resiko yang harus ditempuh. Bukankah semua hal itu ada resikonya?

Sulit memahami kata - kata mas kuncung.... ya jelas... aku nulisnya ngawur kok... ini nich... yang disamping mas kuncung ini (ngelihat mas kuncung ngetik... sambil ikutan baca) aja pusing katanya. Tapi kalo yang bisa memahami... syukur dech... ilmu ini tidak ada yang jual. Thank udah mau baca... walaupun judul dan tulisan "mbingungi" (membingungkan, tidak pas).

3 komentar:

  1. salam kenal , ...
    Mas , andai hidup selalu bisa memilih mungkin aku mau milih menjadi Tom Cruise.
    sukses buat mas ..

    BalasHapus
  2. Memang, hidup ini paling sulit ya pas di beri pilihan. Ada hitam ada putih ada pula lho yang abu abu. Dapat hitam kita syukuri, dapat putih kita syukuri lah kalau pas dapat abu abu, berarti yang ngemban adalah orang peragu, ya ikut sana....ya ikut sini (kaya orang bingung)....ora tekan tekan...ya akhirnya jadi gentayangan dan penasaran. Jadi benar kok mas, kalau sudah memilih (atau tidak memilih sama sekali) harus pantang mundur....sambil nyanyi lagu wajib maju tak gentar...yang penting mantaaaaab mengarahkan hati ke Sang Pencipta. Udah ah kok ngelantur.....Salam kenal

    BalasHapus
  3. kenal balik mas ridiant

    BalasHapus