27 Januari 2009

Nasib Karyawan (curhat)

Kamu pernah jadi karyawan nggak... kalo pernah...pasti udah pernah ngrasain gimana tuh rasanya. Emang nggak enak sich... tapi mo gimana lagi, kita butuh kerjaan. Kalo nggak kerja nggak bisa nyukupin kebutuhan.

Kalo bos kita itu punya rasa dan perasaan.... pastinya kita kerja jadi lebih enak dan semua ide - ide kita akan kita curahin semua (maksude loyal... kayak kuwek...). Betul.... aku sendiri pernah ngrasain seperti itu... Tetapi kalo bos kita tidak punya perasaan, ya.. kita kerja seperti sekolah.

Tahu nggak maksude... (kok jadi seperti wong njowo...). Emang Mas Kuncung wong njowo sich.... Maksude kepriwe mas kuncung...? (siapa yang nanya nich...)Mengkene.... (begini..) , anak sekolah itu khan kalo ada libur seneng banget tuh... kalo ada PR nggak mau ngerjain... ibaratnya... sekolah itu seperti sesuatu yang memberatkan. Padahal mereka mbayar lho... seharusnya belajarnya lebih giat donk.... Iya.. kalo pikiran kita seperti itu, tapi kalo anak - anak khan laen...

Nah... kalo semua karyawan udah punya pikiran seperti itu... bisa gaswat (nyang bener gawat mas kuncung...) tuh perusahaan.... masak sih semuanya harus disuruh baru bisa jalan... nggak gitu khan seharusnya.

Ada lagi nich... bos yang modelnya menanamkan mata - mata di antara sesama karyawan. Iya kalo mata - mata ntuh laporannya akurat... biasanya sih nggak... dia kejar target laporan. Ketika udah nggak ada yang bisa buat laporan, dia ngarang cerita buat laporan.... yang penting setor bro... betul nggak? Dan biasanya lagi... orang yang dipake sebagai mata - mata itu biasanya jadi kebal hukum... bertindak semena - mena... dan banyak omong dari pada kerjanya (kalo orang sana bilang talking too much...). Ini yang tidak disadari para bos.... justru akan menciptakan gap - gap atau kelompok di lingkungan perusahaan. Kalo bos sendiri sich tidak terlalu memikirkan apa dampaknya.... tapi sebagai karyawan sangat jelas mempengaruhi kinerja..... tidak ada kekompakan.... saling menjatuhkan.... dan itu terjadi hampir disemua perusahaan.... tul nggak coy....

Lantas... baiknya gimana mas kuncung.... (siapa lagi sich yang nanya...) Begini.... untuk para karyawan... yang penting jangan mudah terprofokasi... kerja aja yang bener... jangan memihak sana atau sini... jangan suka nge-gosip dilingkungan kerja... ntar dikira profokator lho... lebih baik tidak banyak aksi diluar soal kerjaan. Diam lebih baik... tetapi ketika ada kesempatan bicara... tunjukin bahwa kamu bisa dan perduli dengan masa depan perusahaan.

Nah... untuk para bos... (kalo mau aku saranin...) Jangan mudah percaya dengan satu orang saja... atau jangan ciptakan "orang kepercayaan", sebaiknya bersikap adil.... (adil yang gimana ya...). Jangan membeda - bedakan karyawan... karyawan yang sering melakukan kesalahan jangan cepat divonis... dan yang penting... jangan didiemin terus dengan maksud agar tidak betah... salah besar.

Semua karyawan punya perasaan, mereka akan lebih tenteram kalau di manusiakan... (bahasanya kok gitu sich...). pokoknya gimana caranya (secara psikologis) mereka itu menganggap bahwa lingkungan perusahaan terasa nyaman.... pasti kerjanya akan lebih baik... tidak ada seorangpun yang tidak berguna... asal bisa memanfaatkan pepatah "The Right Man On The Right Place" (pepatah apa bukan ya...)

Udah dulu ah.... ntar kalo kepanjangen nggak mau baca ..... kamu yang punya uneg - uneg bisa tumpahin di kotak komentar ya.... tapi jangan panjang - panjang.... ntar yang laen nggak kebagian tempat.... Good Luck !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar